Workshop Akreditasi Puskesmas Dinkes Sleman  

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan workshop akreditasi puskesmas kepada seluruh puskesmas di kabupaten sleman yaitu 25 puskesmas. Workshop tersebut menjadi 5 bagian topik yaitu topik kepemimpinan dan manajemen (KMP), upaya kesehatan masyarakat (UKM), upaya kesehatan perseorangan dan penunjang (UKPP), program prioritas nasional (PPN) dan peningkatan mutu puskesmas (PMP).  BMPK DIY turut serta menjadi narasumber pada kegiatan tersebut untuk topik UKM dan UKPP.

Materi UKPP sesuai draft instrumen akreditasi puskesmas disampaikan oleh drg. Betha Candrasari, M.PH. Peserta yang hadir menyimak materi UKPP ini adalah PJ UKP dan perwakilan dari UKP. Kegiatan berlangsung selama 3 hari dengan rincian kegiatan, hari 1 pemaparan materi draft instrumen UKPP,hari kedua dan ketiga pemaparan RDOWS yang dimiliki oleh 25 puskesmas di kabupaten sleman. Metode yang digunakan adalah ceramah tanya jawab dan diskusi.

Materi UKM sesuai draft instrument akreditasi puskesmas diampaikan oleh Isnainy Mayasari,S.KM,M.Kes yang dihadiri oleh PJ UKM dan perwakilan dari UKM. Sama dengan pemaparan UKPP, metode yang digunakan dengan memberikan materi di hari pertama kemudian dilanjutkan paparan RDOWS UKM yang dimiliki 25 puskesmas di hari pertama dan kedua.  Dengan menggunakan metode pembelajaran selama 3 hari dimana hari pertama adalah pemberian materi dan 2 hari dengana paparan RDOWS yang telah dibuat, dirasa lebih efektif karena RDOWS yang dipaparkan dikritisi dan disepekati bersama sehingga puskesmas bisa mendapatkan contoh dokumen. Manfaat lainnya adalah antar puskesmas bisa saling benchmark dengan puskesmas yang lain terkait strategi pelaksanaan kegiatan pusksmas yang sesui standar dan sesuai dengan target yang diharap.

Kirim pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2022 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center