Go to content Go to navigation Go to search

Produk Kerja

PELAKSANAAN AKREDITASI PUSKESMAS DI PUSKESMAS WILAYAH KABUPATEN BANTUL : PENILAIAN AWAL

Akreditasi Puskesmas merupakan program peningkatan mutu dengan berdasarkan metode pengembangan sistem manajemen mutu. Artinya program tersebut mensyaratkan pihak puskesmas untuk menerapkan standar manajemen mutu tertentu. Penerapan standar oleh puskesmas harus meliputi pemahaman, penyusunan, serta pelaksanaan dari sistem manajemen mutu tersebut. Oleh karena itu penerapan sistem manajemen mutu tidak bisa berhenti sampai pada tahap penyusunan sistem saja, melainkan harus benar-benar dilaksanakan dalam operasional sehari-hari.
Sesuai dengan amanat Gubernur DIY dalam SK pembentukannya Badan Mutu Pelayanan Kesehatan DIY (BMPK DIY) bahwa BMPK DIY diberi tugas untuk melaksanakan akreditasi pelayanan klinik di lembaga pelayanan kesehatan , maka dengan ini BMPK DIY bekerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menyelenggarakan Akreditasi Puskesmas.

Penilaian awal sebagai bagian dari program akreditasi puskesmas telah dilaksanakan, secara berurutan mulai tanggal 28, 29, 30 Mei 2013. Puskesmas peserta akreditasi saat ini adalah Puskesmas Srandakan, Puskesmas Jetis I, Puskesmas Bambanglipuro, ketiga puskesmas tersebut berada di wilayah kabupaten Bantul.

Pada pelaksanaan akreditasi puskesmas tahun ini, ketiga puskesmas peserta mengajukan 3 (tiga) kelompok kerja (pokja) yang akan di nilai untuk mendapatkan sertifikat akreditasi puskesmas, adapun ketiga pokja tersebut antara lain : Pokja Administrasi dan Manajemen, Pokja Pelayanan Medik, dan Pokja Program. Dalam hal ini untuk pemilihan pokja Program Puskesmas bebas memilih program apa yang akan diajukan untuk penilaian akreditasi

Diharapkan akhir tahun 2013 ini Puskesmas telah selesai menyusun dokumen dan mengimplementasikan SMM Akreditasi Puskesmas.

Komentar

Login untuk memberikan komentar.

« kembali ke arsip produk

Hak Cipta © 2006-2007
Badan Mutu Pelayanan Kesehatan
Daerah Istimewa Yogyakarta

Kompleks Kesehatan No. 4
Jl. Kyai Mojo, Bener
Yogyakarta 55283

telp/fax: (0274) 552792
Hot Line SMS : 0856 02 02 02 44

email : badanmutu@yahoo.com