WORKSHOP PARA PIMPINAN DAN POKJA AKREDITASI SEBAGAI ASESOR INTERNAL DI RUMAH SAKIT

April 9, 2019 to April 10, 2019 08.00 WIB - 17.00 WIB

WORKSHOP PARA PIMPINAN DAN POKJA AKREDITASI SEBAGAI ASESOR INTERNAL DI RUMAH SAKIT

LATAR BELAKANG

Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) adalah lembaga independen pelaksana akreditasi rumah sakit yang bersifat fungsional, non struktural yang mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan akreditasi di Indonesia. Akreditasi Rumah Sakit di Indonesia dilaksanakan untuk menilai kepatuhan rumah sakit terhadap standar akreditasi. Akreditasi Rumah Sakit pertama kali dilaksanakan pada tahun 1995. Selama ini menggunakan standar akreditasi berdasarkan tahun berapa standar tersebut mulai dipergunakan untuk penilaian sehingga selama ini belum pernah ada Standar Nasional akreditasi Rumah Sakit di Indonesia, sedangkan status akreditasi saat ini ada status akreditasi nasional dan status akreditasi internasional maka di Indonesia perlu ada Standar Nasional. Akreditasi Rumah Sakit Berdasarkan hal tersebut maka standar akreditasi untuk rumah sakit mulai diberlakukan pada januari 2018 dengan nama Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1 (SNARS Edisi 1). Dalam Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1 berisi 16 BAB. Standar dikelompokkan menurut fungsi-fungsi yang terkait dengan penyediaan pelayanan bagi pasien, juga dengan upaya menciptakan organisasi rumah sakit yang aman, efektif dan terkelola dengan baik.

Dalam mempersiapkan Standar Akreditasi yang baru ini, rumah sakit harus mampu melakukan kegiatan self Assesment di Rumah Sakit masing-masing yang dilakukan oleh asesor internal sebelum dilakukan bimbingan dan penilaian oleh KARS. Hali ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana sebuah rumah sakit telah mempersiapkan kebutuhan akreditasinya. Peran asesor internal di rumah sakit dalam mempersiapkan akreditasi sangatlah penting, karena dapat membantu pokja-pokja akreditasi rumah sakit dalam mengukur kesiapan akreditasi rumah sakit baik berupa dokumen maupun telusur lapangan. Tugas asesor internal membantu direktur dalam mengukur dan mempersiapkan pelaksanaan suevei akreditasi oleh Komisi Akreditasi oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Berdasarkan hal tersebut diatas, maka Badan Mutu Pelayanan Kesehatan DIY bekerjasama dengan Komisi Akreditasi Rumah Sakit akan menyelenggarakan “Worksop Para Pimpinan dan Pokja Akreditasi sebagai Asesor Internal Rumah Sakit”.

 

TUJUAN 

  1. Meningkatkan Pengetahuan dan pemahaman bagi tenaga kesehatan di Rumah Sakit terutama asesor internal tentang fungsi dan peran asesor internal rumah sakit dalam SNARS Edisi – 1
  2. Mempersiapkan Rumah Sakit dalam melaksanakan Self Assesment Akreditasi
  3. Mempersiapkan asesor internal dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai tim telusur lapangan di rumah sakit dalam menunjang persiapan akreditasi rumah sakit

 

SASARAN PESERTA

  1. Direktur / Wakil Direktur Rumah Sakit
  2. Tim Akreditasi Rumah Sakit
  3. Asesor Internal Rumah Sakit
  4. Dokter Spesialis dan Dokter Umum
  5. Perawat
  6. Bidan
  7. Tenaga Kesehatan dan Non Kesehatan Lainnya
  8. Surveior Akreditasi KARS

 

BIAYA PENDAFTARAN

  • Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 3.500.000,- (tiga juta lima ratus ribu rupiah)
  • Biaya pendaftaran termasuk :
  • Snack · Sertifikat
  • Makan Siang · USB/Flashdisk
  • Seminar Kit
  • Biaya pendaftaran tidak termasuk penginapan (hotel).

Pembayaran dilakukan secara Transfer melalui rekening :

Bank BRI Cab. Cik Di Tiro

a.n. drg. Betha Candrasari

No. Rekening : 0029 01 0999 19 50 7

Catatan :

  • Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan
  • Bukti transfer di email ke : badanmutu@yahoo.com

Informasi Pendaftaran :

Retno : 0812 2764 2297 (WA)

LEAFLET DEPAN

http://badanmutu.or.id/web/wp-content/uploads/2019/02/ASESOR-INTERNAL-DEPAN.jpg

LEAFLET BELAKANG

http://badanmutu.or.id/web/wp-content/uploads/2019/02/ASESOR-INTERNAL-BELAKANG.jpg

INFO KARS

http://www.kars.or.id/?p=2593

© 2019 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center