BIMTEK PENERAPAN PMKP SESUAI AKREDITASI FKTP MELALUI PENGELOLAAN RISIKO, FMEA DAN RCA

Februari 20, 2019 to Februari 21, 2019 08.00 WIB - 17.00 WIB

BIMTEK PENERAPAN PMKP SESUAI AKREDITASI FKTP MELALUI PENGELOLAAN RISIKO, FMEA DAN RCA

Pengaturan keselamatan pasien bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan fasilitas pelayanan kesehatan melalui penerapan manajemen risiko dalam seluruh aspek pelayanan yang disediakan oleh fasilitas pelayanan kesehatan.

Mengingat masalah keselamatan pasien merupakan masalah yang perlu ditangani segera di fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia maka diperlukan standar keselamatan pasien fasilitas pelayanan kesehatan yang merupakan acuan bagi fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia untuk melaksanakan kegiatannya. Standar Keselamatan Pasien wajib diterapkan fasilitas pelayanan kesehatan dan penilaiannya dilakukan dengan menggunakan Instrumen Akreditasi.

Selain standar pelayanan kesehatan diperlukan juga penyelenggaraan sasaran keselamatan pasien yang bertujuan untuk menggiatkan perbaikan-perbaikan tertentu dalam soal keselamatan pasien. Sasaran-sasaran menyoroti bidang-bidang yang bermasalah dalam perawatan kesehatan, memberikan bukti dan solusi hasil konsensus yang berdasarkan nasihat para pakar.

Dengan mempertimbangkan bahwa untuk menyediakan perawatan kesehatan yang aman dan berkualitas tinggi diperlukan desain sistem yang baik, sasaran biasanya sedapat mungkin berfokus pada solusi yang berlaku untuk keseluruhan sistem.

Sangat penting bagi staf fasilitas pelayanan kesehatan untuk dapat menilai kemajuan yang telah dicapai dalam memberikan asuhan yang lebih aman. Dengan tujuh langkah menuju keselamatan pasien Fasilitas pelayanan Kesehatan dapat memperbaiki keselamatan pasien, melalui perencanaan kegiatan dan pengukuran kinerjanya. Melaksanakan tujuh langkah ini akan membantu memastikan bahwa asuhan yang diberikan seaman mungkin, dan jika terjadi sesuatu hal yang tidak benar bisa segera diambil tindakan yang tepat. Tujuh langkah ini juga bisa membantu Fasilitas pelayanan Kesehatan mencapai sasaran-sasarannya untuk Tata Kelola Klinik, Manajemen Risiko, dan Pengendalian Mutu.

Mengingat pentingnya keselamatan pasien di fasilitas kesehatan, maka Badan Mutu Pelayanan Kesehatan DIY bermaksud menyelenggarakan workshop peningkatan mutu dan keselamatan pasien di fasilitas kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan di dalam mengelola penyelenggaraan program keselamatan pasien.

© 2019 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center