Bimbingan Teknis Tim K3 Puskesmas Pakem

Sebagai upaya untuk mengimplementasikan Permenkes No.52 Tahun 2018 tentang K3 di FKTP, puskesmas pakem yang berada di kabupaten sleman berupaya untuk melengkapi dokumen internal dan kelengkapan lainnya untuk menjalankan K3 Puskesmas. BMPK DIY berkesempatan mendampingi kesiapan Tim K3 Puskesmas Pakem dalam mengimplementasikan K3 Puskesmas. Dalam kegiatan bimtek ini, selain memberikan overview materi K3 Puskesmas yang terintegrasi dengan MFK juga dilakukan pengecekan dokumen internal implementasi K3 integrasi MFK yang telah dibuat oleh Tim K3 Puskesmas Pakem.

Masing-masing penanggung jawab baik di K3 maupun MFK memaparkan kondisi eksisting di puskesmas yang sudah ada kemudian BMPK DIY memberikan masukan,arahan dan contoh dokumen untuk memenuhi sesuai standar regulasi. Pemaparan pertama disampaiakan  penanggung jawab MFK yang menyampaikan tentang dokumen internal dan kelengkapan lainnya yang sudah dimiliki dan yang belum dimiliki Puskesmas Pakem. Pemaparan kedua disampaikan oleh koordinator sarana prasarana dan koordinator pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang menceritakan tentang dokumen internal yang telah dimiliki, laporan kegiatan simulasi pemadaman kebakaran yang telah dilaksanakan dan form cek list yang sudah dimiliki. Pemaparan ketiga disampaikan oleh pelaksana pengelola B3 dan limbah B3 yang menceritakan tentang dokumen internal yang telah dibuat dan bukti telusur yang telah tersedia. Pemaparan keempat disampaikan oleh pelaksana penanggulangan bencana yang menceritakan tentang identifikasi risiko bencana yang telah dibuat dan dokumen internal yang telah disusun.  Pemaparan kelima disampaikan oleh pelaksana pengelola alat yang menjelaskan tentang dokumen internal yang telah dimiliki dan bukti telusur yang telah dimiliki. Pemaparan keenam disampaikan oleh pelaksana kesehatan kerja yang menyampaikan tentang program kerja kesehatan kerja di puskesmas pakem dan dokumen internal yang telah dimiliki.

Setelah penanggung jawab MFK dan K3 serta masing-masing pelaksana menyampaikan pemaparan , diketahui SWOT yang dimiliki Tim K3 Puskesmas dalam upaya implementasi K3 sehingga dibuat roadmap untuk memenuhi standar K3 sesuai Amanah Permenkes No 52 Tahun 2018.

Kirim pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2022 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center