Survei Manajemen Klinik di DIY

Untuk mengetahui pemetaaan kekuatan dan tantangan yang dimiliki klinik-klinik di DIY, dinas kesehatan DIY bekerjasama dengan BMPK DIY menyelenggarakan kegiatan survei manajemen klinik. Survei ini bertujuan untuk mengetahui penyelenggaraan klinik di DIY apakah sudah sesuai dengan regulasi yang ditetapkan.

Survei klinik yang rencananya akan diselenggarakan mulai tanggal 20 januari 2022 – 4 februari 2022 ini akan memuat pertanyaan mengenai manajemen klinik, pelayanan klinik, tenaga kesehatan di klinik, prosedur pelayanan, sarana prasarana, peralatan, keselamatan dan keamanan, pencegahan infeksi , peningkatan mutu, pelaporan dan pembinaan.

Sebagai pengantar dalam survei klinik, pada hari rabu 19 januari 2022, dinas kesehatan DIY menyelenggarakan pertemuan klinik se DIY. Materi yang disampaikan pada pertemuan tersebut adalah kebijakan penyelenggaraan klinik yang disampaikan oleh kasie kesehatan dasar, rujukan dan kesehatan khusus Dinkes DIY. dr.Fitri menyampaikan dalam paparannya  terkait update regulasi perijinan penyelenggaraan klinik sesuai PP No 5 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan perijinan berbasis risiko.

Materi kedua adalah peningkatan mutu manajemen klinik yang disampaikan  oleh Ketua Badan Mutu Pelayanan Kesehatan (BMPK) DIY . drg.Betha Candrasari, M.PH menyampaikan terkait aspek mutu input, proses, output penyelenggaraan klinik. Dalam paparanya disampaikan juga ilustrasi tentang waste healthcare, kegiatan-kegiatan yang seharusnya tidak perlu dilakukan.

Materi ketiga disampaikan oleh kepala klinik pratama Firdaus Yogyakarta. DR.dr.Arlina Dewi, M.Kes, AAK menyampaikan lesson learned klinik pratama Firdaus kota Yogyakarta dalam berkomitmen menciptakan,mensustainablekan dan meningkatkan mutu pelayanan klinik. Dr.Arlina juga menyampaiakan contoh-contoh dokumen rekam implementasi yang tersedia di klinik pratama Firdaus.

Materi keempat disampaikan narasumber dari Badan Mutu Pelayanan Kesehatan (BMPK) DIY selaku koordinator teknis survey manajemen klinik di DIY. Isnainy Mayasari S,KM,M.Kes menjelaskan definisi operasional kuesioner survey manajamen klinik se DIY.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya pembinaan dari dinas kesehatan DIY kepada klinik se DIY agar terus berupaya menjaga mutu pelayanan kesehatan.

Kirim pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2022 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center