Bimtek Online Manajemen Fasilitas dan Keselamatan

Pada hari kamis 28 oktober 2021, badan mutu pelayanan kesehatan DIY menyelenggarakan bimtek online penerapan program manajemen fasilitas dan keselamatan di FKTP. Latar belakang dilaksanakannya bimtek program MFK adalah karena belum semua fasyankes primer telah menerapkan program K3 sesuai amanat permenkes 52 tahun 2018 ditambah hadirnya program MFK sesuai draft instrument akreditasi FKTP revisi. Oleh karenanya badan mutu pelayanan Kesehatan DIY mencoba memberikan pengetahuan terkait implementasi program MFK di fasilitas Kesehatan primer.

Kegiatan bimtek online dihadiri oleh 122 peserta yang berasal dari puskesmas, klinik, dinas Kesehatan dan RS. Asal peserta dari pulau jawa dan luar pulau jawa di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur. Ada 5 materi yang disampaikan pada bimtek online program manajemen fasilitas dan keselamatan yaitu : penerapan MFK di FKTP, pengelolaan dan sistem peralatan, praktik penyusunan HVA, simulasi video penanganan kegawatdaruratan bencana dan kebakaran, Pengelolaan B3 dan limbah B3 di puskesmas.

Narasumber pemberi materi berasal dari internal BMPK DIY, surveyor dan RS. Dengan adanya kegiatan bimtek online penerapan program MFK diharapkan puskesmas dan klinik memahami tentang program-program MFK yang juga merupakan irisan dari standar K3 fasyankes. Selain  bermanfaat untuk puskesmas dan klinik, bimtek online ini diharapkan dapat  bermanfaat kepada dinas Kesehatan kabupaten/kota agar dinkes bisa segera menetapkan SK struktur organisasi puskesmas sesuai Permenkes no 43 tahun 2019, sehingga puskesmas pada saat menetapkan tim/pj/koordinator MFK sesuai dengan struktur organisasi di puskesmas.

Kirim pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center