Pendampingan pembahasan PPS Puskesmas Pakem Sleman

Dalam rangka upaya  menjalankan  continous quality improvement pada pelayanan Kesehatan di Puskesmas. Puskesmas Pakem Kabupaten Sleman  meninjau Kembali PPS (Program Perbaikan Strategi) yang dulu telah dibuat pasca akreditasi. Ada beberapa PPS yang telah selesai ditindaklanjuti dan closed serta ada beberapa yang belum selesai ditindaklanjuti. BMPK DIY berkesempatan membersamai puskesmas pakem dalam pembahasan PPS (Program Perbaikan Strategi).

PPS (Program Perbaikan Strategi) adalah rencana kerja tertulis yang harus di buat oleh Puskesmas sebagai tindak lanjut hasil penilaian yang tidak terpenuhi ( not meet) atau terpenuhi sebagian dari hasil survey. Dengan dibuatnya PPS (Program Perbaikan Strategi) ini diharapkan dapat menjelaskan Tindakan spesifik yang akan digunakan oleh puskesmas untuk mencapai kepatuhan pada standar.

BMPK DIY memfasilitator i kegiatan pembahasan PPS di Puskesmas Pakem dengan menjelaskan Langkah penyusunan PPS yaitu sebagai berikut :

  1. Membuat langkah pemenuhan EP (elemen penilaian)

Diisi dengan pertimbangan berdasar rekomendasi hasil survey.

 

  1. Metode perbaikan

Mekanisme/cara dalam langkah pemenuhan EP

Contoh : Menyusun dokumen, sosialisasi, observasi, review dokumen dsb

 

  1. Indikator pencapaian

Diisi sesuai target/ sasaran pencapaian

 

  1. Waktu

Diisi bulan dan tahun

 

  1. Penanggung Jawab / PJ/PIC

Diisi penanggung jawab kegiatan dengan menuliskan nama agar lebih lengkap

Teknis kegiatan pendampingan pembahasan PPS ini dibagi menjadi 3 kelompok pokja yaitu pokja admen, pokja ukm, pokja ukp agar lebih intens dalam Menyusun PPS.

Kirim pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center