Workshop Keselamatan Pasien dan Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien

(Yogyakarta, 22/4/21).  Sebagai upaya dukungan mutu layanan fasilitas kesehatan primer di Kota Yogyakarta pada masa pandemi ini, dinas kesehatan kota yogyakarta memfasilitasi kegiatan yang mendukung keberlanjutan mutu layanan fasilitas kesehatan primer. Dukungan kegiatan ini terdiri dari 6 rangkaian workhsop dengan tema yang dibutuhkan sesuai dengan keberlanjutan mutu fasilitas kesehatan primer yaitu keselamatan pasien dan pelaporan insiden, penerapan manajemen risiko klinis dan non klinis, penerapan ppi di ukp dan ukm puskesmas, manajemen fasilitas dan keselamatan, indikator mutu prioritas puskesmas & indikator mutu prioritas pelayanan dan pengelolaan data mutu.

Workshop pertama telah terselenggara tanggal 22 april 2021 dengan tema keselamatan pasien dan pelaporan insiden dengan 3 materi yang disampaikan oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Propinsi DI Yogyakarta dan Badan Mutu Pelayanan Kesehatan DIY.

Materi 1. Kebijakan Keselamatan Pasien di Fasilitas Kesehatan Primer

Materi pertama disampaiakan oleh Kepala Seksi Kesehatan Dasar dan Rujukan Dinkes DIY  dr.Fitri Indah Setyawati,M.Sc dengan topik Kebijakan Keselamatan Pasien di Fasilitas Kesehatan Primer. Pada session ini disampaikan mengenai regulasi yang mengatur tentang pelaksanaan keselamatan pasien di fasilitas kesehatan

Materi 2. Keselamatan Pasien dan Pelaporan insiden

Materi kedua disampaikan oleh dr. Sitti Noor Zaenab,M.Kes yang menjelaskan tentang keselamatan pasien, alur pelaporan insiden keselatan pasien, investigasi sederhana dan RCA (Root Cause Analysis).

Materi 3. Pelaporan insiden keselamatan pasien

Materi terakhir disampaikan oleh drg.Betha Candrasari M.PH yang memberikan penjelasan tutorial pengisian laporan insiden keselamatan pasien, cara melakukan investigasi sederhana dan pengisian RCA.

Dengan adanya workshop yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kota Jogja diharapkan mampu memberikan motivasi kepada fasilitas kesehatan di kota joga agar tetap berlanjut melaksanakan budaya mutu dalam memberikan pelayanan kesehatan.

 

Kirim pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center