WORKSHOP PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN 10 APRIL 2021 PUSKESMAS NGAGLIK 2, SLEMAN, DIY

Mutu dan Keselamatan menjadi bagian yang tak terpisahkan, keduanya adalah kebutuhan baik bagi pasien, petugas maupun Puskesmas sebagai Instansi pemerintah penyelenggaran pelayanan kesehatan dasar. Dalam masa pandemi Covid 19 ini, mutu dan keselamatan difokuskan pada bagaimana mengatur sistem layanan kesehatan yang dapat memberikan pelayanan sesuai standar dan kebutuhan pasien sekaligus mampu memutus rantai penularan Covid 19.

Pada Tanggal 10 April 2021, hari Sabtu dimulai dari jam 10 hingga pukul 16.00, Puskesmas Ngaglik 2  mengundang Badan Mutu Pelayanan Kesehatan sebagai Narasumber dalam workshop mutu dan keselamatan. Sasaran workshop ini adalah seluruh karyawan, dengan tujuan untuk meningkatkan komitmen mutu, kinerja serta keselamatan pasien di Puskesmas Ngaglik 2, meningkatkan pemahamanan terhadap standar mutu dan reviu materi tentang implementasi akreditasi dalam pelayanan di Puskesmas Ngaglik 2.

Dalam workshop ini disampaikan tentang Penjagaan Mutu Faskes selama pandemi covid 19 dalam tinjauan UKPP dan UKM. Bagaimana standar akreditasi menjadi alat untuk menjaga mutu melalui manajemen risiko, audit internal, pelaporan insiden, pengukuran data dan analisis SPM dan Tinjauan manajemen. Dalam pertemuan ini dibahas tips penerapan alat mutu yang praktis mulai dari perhitungan sample sesuai kaidah statistik, pengeloaan risiko klinis dan non klinis, pengaturan triase pasien selama pandemi covid 19, penyusunan prosedur yang efektif dan efisien dan lainnya.
Metode pembelajaran penyampaian teori 40%, praktik 20%, diskusi tanya jawab 40%. Peserta tampak sangat aktif dan antusias baik di Pokja Admen, UKM maupun UKPP. Banyak hal didiskusikan dari masalah pelayanan hingga prosedur yang harus dibuat dan diperbaiki.

Workshop mutu dan keselamatan memang sangat perlu dilaksanakan, selain untuk menambah pengetahuan dan pemahaman karyawan diharapkan juga meningkatkan awareness dan ‘bonding’ kerja tim antar karyawan. Workshop ditutup dengan penggalangan komitmen dan yel-yel semangat pelayanan. Peserta tampak antusias hingga acara usai diselenggarakan.

Kirim pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center