BIMTEK ONLINE PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS DI FASILITAS KESEHATAN PRIMER

Hari Rabu, 17 maret 2021 telah diselenggarakan Bimtek online pengelolaan limbah medis di fasilitas kesehatan primer yang dihadiri oleh 63 peserta berasal dari Dinas Kesehatan Kab/kota, puskesmas dan klinik. Pemilihan tema bimtek ini termasuk baru dan pertama kali dilaksanakan selama pelaksanaan bimtek online yang diselenggarakan oleh BMPK DIY. Bimtek diselenggarakan selama 1 hari yang terbagi menjadi 3 session materi.

Materi 1. Kebijakan pemerintah tentang pengelolaan limbah medis di fasilitas kesehatan primer

Pemaparan materi 1 disampaikan oleh Isfandiari,S.KM,M.Kes dari Dinas Kesehatan Daerah DIY yang menjabat sebagai Analis Kesehatan Bidang Kesehatan Masyarakat. Pemateri menyampaikan tentang regulasi-regulasi yang mengatur pengelolaan limbah di fasilitas kesehatan termasuk regulasi pengelolaan limbah di fasilitas kesehatan pada masa pandemi, pengelolaan limbah di masa pandemi dan dokumen yang harus dimiliki dalam pengelolaan limbah di fasilitas kesehatan.

Materi 2.Implementasi pengelolaan limbah medis di fasilitas kesehatan primer

Pemaparan materi 2 disampaikan oleh dr.Wahyu Budhi Handayani dari Puskesmas Mergangsan Kota Yogyakarta yang menjabat sebagai Ketua Tim PPI Puskesmas. Pemateri menyampaikan implementasi pengelolaan limbah medis di puskesmas, implementasi pengelolaan limbah medis di lokasi shelter/rumah tempat untuk isolasi mandiri di wilayah kerja puskesmas dan dokumen yang dimiliki puskesmas terkait pengelolaan limbah.

Materi 3.Peran dan tantangan petugas kesehatan lingkungan dalam upaya penceghan dan pengendalian infeksi di FKTP

Pemaparan materi 3 disampaiakan oleh Dr.H.Heru Subaris Kasjono,S.KM,M.Kes dari HAKLI Propinsi DIY. Pemateri terakhir menyampaikan tentang peran penanggung jawab kesehatan lingkungan dalam pengelolaan limbah di masa pandemi, tantangan penanggungjawab kesehatan lingkungan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan infeksi di FKTP dan ancaman hukuman kelalaian pengelolaan limbah fasilitas pelayanan kesehatan.

Acara ditutup dengan pengisian post test, terdapat 3 peserta dengan nilai post test tertinggi dan tercepat.

Kirim pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center