BIMTEK ONLINE AUDIT INTERNAL DI FKTP PADA MASA PANDEMI

Hari Selasa dan Rabu, tanggal 9 dan 10 maret 2021 telah dilaksanakan Bimtek Online Audit Internal di FKTP pada masa pandemi melalui media zoom. Bimtek online audit internal dihadiri oleh 36 peserta dari puskesmas, klinik, dinas kesehatan dan surveyor. Bimtek online kali ini berbeda dengan bimtek online yang sebelumnya, dikarenakan pada bimtek online ini ada session praktek dan role play sehingga diharapkan membantu para peserta yang sebagian besar adalah auditor internal di FKTP pada saat melakukan audit di fasilitas kesehatan pelayanan primer. Materi yang disampaikan pada saat bimtek online ini disampaikan oleh 3 narasumber dan terbagi menjadi 4 hal, yaitu materi konsep audit internal, pertemuan tinjauan manajemen, implementasi audit internal dan pertemuan tinjuan manajemen di masa pandemi serta praktek penyusunan instrumen audit internal.

Materi 1 . Konsep audit internal dan prinsip serta kode etik auditor internal

Materi 1 disampaikan oleh drg.Betha Candrasari, M.P.H pada hari pertama, selasa 9 maret 2021. Pada materi ini disampaikan mengenai konsep audit internal yang meliputi pengertian audit internal, manfaat dan tujuan audit. Pada materi kode etik auditor internal disampaikan mengenai karakteristik auditor internal.

Masih pada hari yang sama juga untuk session siang dilanjutkan dengan materi tahapan dan teknik penggalian data, pada materi ini disampaikan  teknis melakukan audit internal, tutorial penyusunan audit plan dan KAK audit, tutorial penyusunan instrumen audit dan form temuan audit. Di session akhir hari pertama, pemateri menjelaskan contoh dokumen yang diperlukan dalam audit internal seperti SK, SOP, KAK, Instrumen audit dan form audit. Kemudian peserta dibagi menjadi 3 room, yaitu Room Admen, UKM dan UKP untuk praktek penyusunan audit plan, KAK, membuat instrumen audit dan form temuan audit.

Materi 2. Pertemuan Tinjauan Manajemen

Materi ke 2 disampaikan pada session pagi hari kedua oleh Isnainy Mayasari S.KM,M.Kes. Pada materi ini disampaikan mengenai pengertian pertemuan tinjauan manajemen, tujuan dan manfaat, agenda pertemuan tinjauan manajemen dan penjelasan contoh dokumen pertemuan tinjauan manajemen yang diberikan yaitu seperti SOP, Undangan, Notulen, laporan pertemuan tinjauan manajemen.

Materi 3. Penerapan audit internal dan pertemuan tinjauan manajemen di puskesmas

Materi ke 3 merupakan session kedua di hari kedua yang disampaikan oleh PJ Mutu Puskesmas Prambanan, drg. Lilis yang memberikan sharing pelaksanaan audit internal dan pertemuan tinjauan manajemen di puskesmas. Pemateri menyampaikan tantangan dan pelaksanaan audit internal dan pertemuan  tinjauan manajemen yang tetap bisa dilaksanakan pada masa pandemi serta dukungan dana operasional agar pelaksanaan audit internal dan pertemuan tinjauan manajemen tetap berjalan.

Materi 4. Role play audit internal dan pertemuan tinjauan manajemen di puskesmas

Materi ke 4 merupakan session terakhir di hari kedua yaitu role play audit internal dan pertemuan tinjauan manajemen. Yang pertama adalah role play audit internal yang diperankan oleh 4 orang peserta (2 orang sebagai auditor dan 2 orang sebagai auditee). Auditor praktik untuk mewawancarai auditee sesuai mekanisme yang tertulis di buku pedoman audit internal dan pertemuan tinjauan manajemen. Unit yang dijadikan contoh untuk praktik audit tersebut berada di unit laboratorium dan unit pelayanan umum. Setelah selesai bermain peran ,ada masukan terkait role play audit internal dari narasumber materi audit internal drg. Betha Candarasari,M.PH.

Role play yang kedua adalah pertemuan tinjauan manajemen yang diperankan oleh 4 peserta( sebagai kepala puskesmas, PJ mutu, ketua tim auditor internal, ketua tim kepuasan pelanggan). Ke empat peserta menjalankan peran sesuai agenda pelaksanaan pertemuan tinjauan manajemen dalam pedoman audit internal dan pertemuan tinjuan manajemen. Setelah selesai bermain peran ada masukan terkait role play pertemuan tinjauan manajemen dari narasaumber pertemuan tinjauan manajemen Isnainy Mayasari, S.KM,M.Kes. Acara ditutup dengan post test. Ada 3 peserta yang berhasil mengisi post tes dengan nilai terbaik dan waktu tercepat.

 

Kirim pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center