PENILAIAN FKTP BERPRESTASI Di DIY

Foto : Dewan juri mewawancarai kader terkait program inovasi puskesmas 

Seksi Mutu dan Akreditasi Dinas Kesehatan DIY menyelenggarakan seleksi FKTP berprestasi di tingkat propinsi DIY  pada tanggal 7-13 Mei 2019. Kategori FKTP perkotaan diwakili oleh FKTP di Sleman dan Yogyakarta, sedangkan kategori FKTP pedesaan diwakili oleh FKTP di bantul, kulonprogo dan gunungkidul. Penilaian FKTP berprestasi ini sesuai dengan amanah PERMENKES No. 24 Tahun 2015 tentang penilaian FKTP berprestasi. Penilaian FKTP berprestasi ini bertujuan untuk memberikan pengakuan dan penghargaan atas prestasi fasilitas pelayanan kesehatan sebagai salah satu bentuk dukungan dan dorongan untuk meningkatkan motivasi para pemberi pelayanan di fasilitas kesehatan tingkat pertama agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Foto : Penilaian FKTP berprestasi di Klinik Polres Sleman

Finalis FKTP berprestasi tingkat DIY di Tahun 2019 ini diwakili oleh puskesmas Umbulharjo I, puskesmas Godean I, puskesmas Samigaluh I, puskesmas Jetis II, puskesmas Ponjong II, klinik Gading dan klinik Parama Satwika Polres Sleman. Penilaian FKTP berprestasi berfungsi sebagai wahana pembinaan  bagi FKTP yang dilakukan secara berjenjang dan berkesinambungan oleh Pemerintah Daerah dan Pusat.

Foto : Dewan juri berfoto bersama puskesmas,lintas sektor dan kader

Manfaat yang diperoleh masyarakat dengan adanya penilaian FKTP berprestasi ini diantaranya adalah pelayanan terhadap masyarakat akan semakin bermutu dan sesuai kebutuhan masyarakat serta permasalahan masyarakat akan cepat teridentifikasi. Sedangkan manfaat yang diperoleh FKTP yang mengikuti penilaian akreditasi ini diantaranya adalah FKTP didorong untuk mengidentifikasi masalah, mencari permsalahan lalu menindaklanjuti, FKTP yang dinilai dapat menjadi tempat pembelajaran (benchmark) bagi FKTP yang lain, menjadi contoh fasilitas umum yang mmeberikan pelayanan prima dan meningkatkan kepercaan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.

Foto : Dewan juri wawancara dan verifikasi dokumen

Secara garis besar para finalis FKTP di DIY tampil bagus dan menarik, tiidak hanya pada saat presentasi pimpinan saja namun juga terkait program di administrasi manajemen, upaya kesehatan masyarakat maupun perorangan , program inovasi hingga dukungan lintas sektor dan kader. Para dewan juri yang terdiri dari bidang kesehatan masyarakat dinkes DIY,seksi mutu dan akreditasi dinkes DIY, seksi kesehatan keluarga dinkes DIY, seksi sarana dan tenaga kesehatan dinkes DIY, sub bid program dinkes DIY, biro mental propinsi DIY, badan mutu pelayanan kesehatan(BMPK) DIY dan BPJS Yogyakarta akan duduk bersama untuk menentukan siapa yang akan mewakili DIY untuk FKTP kategori perkotaan dan pedesaan di tingkat Nasional.

Foto : Dewan juri bersama jajaran Polres Sleman

Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan penilaian FKTP berprestasi memicu terus semangat FKTP yang dinilai dan yang lainnya  untuk terus memberikan layanan yang selalu meningkatkan mutu dan keselamatan pasien.

Foto : Dewan juri bersama finalis puskesmas pedesaan

Salam perbaikan terus menerus…salam continous.

Kirim pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center