PENYUSUNAN BUKU PANDUAN PEMBINAAN DAN PENGAWASAN TENAGA KESEHATAN

REPORTASE

PENYUSUNAN BUKU PANDUAN PEMBINAAN  DAN PENGAWASAN TENAGA KESEHATAN

Yogyakarta, 23 dan 24 Oktober 2018

 

Pada tanggal 23 dan 24 Oktober 2018, Dinas Kesehatan DIY mengadakan kegiatan Finalisasi Draft Buku Panduan Pembinaan dan Pengawasan Tenaga Kesehatan. Dalam kegiatan ini hadir Perwakilan dari Badan Mutu Pelayanan Kesehatan selaku fasilitator sekaligus anggota tim penyusun. Serta dihadiri perwakilan dari organisasi profesi yang terdaftar di D.I Yogyakarta.

Pembinaan dan Pengawasan Mutu Dokter-Dokter Gigi dan Tenaga Kesehatan (Binwasmutu Dokter-Dokter Gigi dan Nakes) adalah kegiatan pembinaan dan pengawasan mutu tenaga kesehatan, yang menjadi kewenangan pemerintah, pemerintah daerah, dan dan organisasi profesi kesehatan (Kemenkes,2013).

Dinas Kesehatan DIY bersama dengan Badan Mutu Pelayanan Kesehatan (BMPK) DIY mengembangkan model pembinaan dan pengawasan nakes dengan lebih terpadu dan komprehensif. Agar pelaksanaan sesuai dengan kompetensi profesi masing-masing dan memenuhi aspek mutu dan keselamatan pasien maka Dinas Kesehatan DIY menginisiasi untuk menyusun suatu buku Panduan.

Untuk menunjang kinerja Tim Binwasmutu Dokter-Dokter Gigi dan Nakes maka diperlukan suatu buku panduan agar pelaksanaan Binwasmutu dapat terstandar & terstruktur demi tercapainya hasil yang valid dan akurat.

Buku Panduan ini mencakup definisi, ruang lingkup, tata laksana dan cara dokumentasi serta lampiran instrumen binwas berupa serangkaian checklist yang memuat standar input, proses dan output pemenuhan lisensi/sertifikasi, kompetensi klinis serta etika tenaga kesehatan berdasar regulasi dan kode etik profesi.

Proses penyusunan Buku Panduan Tenis ini melibatkan kontributor yang terdiri dari unsur organisasi profesi (dokter, dokter gigi, apoteker, bidan, perawat , tenaga teknis kefarmasian dan PTGMI), Dinas Kesehatan Daerah DIY, Dinas Kesehatan Kabupaten Kota serta Badan Mutu Pelayanan Kesehatan (BMPK).

Kirim pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center