Koordinasi Teknis RMC (Regional Maintenance Center) sebagai Sistem Rujukan Sarana dan Prasarana Alat di Fasyankes DIY

Kesiapan alat kesehatan sangat mendukung keselamatan pasien di Fasyankes, adanya beberapa insiden telah banyak terjadi di Fasyankes akibat pemeliharaan dan cara penggunaan alat kesehatan yang tidak sesuai, perlu adanya pengetahuan memadai dan penguasaaan teknologi tentang instalasi pengelolaan alat kesehatan dari pimpinan tertinggi fasyankes hingga pelaksana pemeliharaan sarana dan prasarana alkes dan sangat perlu dilakukan pemeliharaan dan pengujian atau kalibrasi alkes di fasyankes. Amanah PERMENKES No. 54 Tahun 2015 tentang pengujian kalibrasi alat kesehatan disebutkan pada pasal 4 (1) bahwa setiap alat kesehatan yang digunakan di fasilitas pelayanan kesehatan atau fasilitas kesehatan lainnya harus dilakukan uji dan atau kalibrasi secara berkala oleh Balai Pengujian Fasilitas Kesehatan atau Institusi pengujian fasilitas kesehatan.

Oleh karenanya, Dinas Kesehatan Daerah DIY menyelenggarakan pertemuan koordinasi Teknis RMC (Regional Maintenance Center) sebagai Sistem Rujukan Sarana dan Prasarana Alat di Fasyankes DIY. Pertemuan koordinasi ini bertujuan untuk menyusun bahan kebijakan pembentukan RMC DI DIY. Peserta terdiri dari pengelola program yankes dan sarpras Dinas Kesehatan Daerah DIY, laboratorium kalibrasi alkes DIY, organisasi profesi dan perwakilan dari Rumah Sakit dan Puskesmas.

Dengan adanya kegiatan ini semoga dapat mendukung untuk berdirinya RMC di DIY mengingat alat kesehatan di fasilitas kesehatan DIY sudah sangat banyak yang memerlukan pemeliharaan.

Kirim pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center