Workshop Hak Pasien dan Keluarga sesuai Akreditasi Rumah Sakit

Bmpk Diy membersamai Tim Pokja HPK RSJ Grhasia dalam acara Workshop Hak Pasien dan Keluarga sesuai Akreditasi Rumah Sakit. Pada Workshop ini membahas tuntas BAB HPK yang terdiri dari 7 BAB yaitu HPK 1. Tanggung jawab Rumah Sakit terhadap HPK termasuk di dalamnya tentang hak pasien mendapatkan bimbingan rohani sesuai agama masing-masing yang diizinkan di Indonesia. HPK 2. Partisipasi pasien dan keluarga dalam proses asuhan termasuk di dalamnya kesempatan pasien untuk mendapatakn second opinion. HPK 3. Hak untuk menyampaikan keluhan. Keluhan yang ditindaklanjuti tentu saja tidak hanya keluhan yang ditulis oleh pasien, namun pasien datang dan marah-marah memberikan keluhan maka petugas handling complain pun harus mencatat dan menindaklanjuti. HPK.4 Hak mendapat informasi tentang hak dan kewajiban pasien dengan bahasa yang mudah dimengerti, termasuk upaya untuk mengantisipasi adanya pasien yang menggunakan bahasa asing. HPK.5 Persetujuan umum dan khusus, pentingnya tentang general consent dan informed consent. HPK.6. Penelitian, perlindungan terhadap manusia/pasien sebagai subjek penelitian. HPK.7 Komite etik penelitian, penelitian / uji klinis (clinical trial) yang melibatkan manusia/pasien sebagai subjeknya perlu ditetapkan sebuah komite yang melakukan pengawasan atas seluruh kegiatan tersebut. HPK.8 Donasi organ. Rumah sakit bertanggung jawab untuk menentukan proses mendapatkan dan mencatat persetujuan donasi sel, jaringan, organ, terkait standar etika internasional dan cara penyediaan organ dikelola. (Untuk HPK 6,7 dan 8 ini diberlakukan kepada RS Pendidikan).
Dengan adanya workshop ini diharapkan Rumah Sakit semakin siap untuk mempersiapkan prsoses akreditasi RS .

Kirim pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center