WORKSHOP PERSIAPAN REAKREDITASI PUSKESMAS PUSKESMAS KABUPATEN GORONTALO UTARA

REPORTASE

WORKSHOP PERSIAPAN REAKREDITASI PUSKESMAS

PUSKESMAS KABUPATEN GORONTALO UTARA

Yogyakarta, 4 dan 5 Mei 2018

AKREDITASI PUSKESMAS merupakan salah satu mekanisme upaya pemerintah untuk menjamin keberangsungan mutu layanan puskesmas. Di era JKN ini, kewajiban Pelayanan Medik Dasar salah satunya Puskesmas adalah harus memiliki sertifikat Akreditasi Pelayanan Medik Dasar.

Dalam rangka mempersiapkan rangkaian kegiatan Akreditasi atau Reakreditasi/Penilaian Ulang Puskesmas, Badan Mutu Pelayanan Kesehatan DIY mengadakan kegiatan workshop yang bertujuan untuk mempersiapkan Puskesmas dalam memenuhi standar Mutu dan Keselamatan Pasien sesuai Standar Akreditasi FKTP dan Regulasi yang berlaku.

Tanggal 4 dan 5 Mei 2018 lalu, telah dilaksanakan workshop yang dihadiri oleh 14 Puskesmas se Kabupaten Gorontalo Utara. Dalam workshop ini membahas evaluasi pelaksanaan akreditasi oleh perwakilan surveyor dan membahas secara detil step by step persiapan reakreditasi berikut strategi dan contoh-contoh dokumennya.

Kegiatan ini diisi oleh para narsumber yang telah tersertifikasi Pelatihan Surveyor dan tersertifikasi Pelatihan TOT Pendamping Akreditasi FKTP serta telah memiliki pengalaman survei dan mendampingi Puskesmas selama akreditasi lebih dari 25 Puskesmas.

Selama 2 hari full day pelaksanaan workshop, Peserta tampak antusias dan sangat aktif bertanya terait strategi persiapan, cara menyusun dokumen regulasi dan dokumen telsuur hingga mempersiapkan simulasi.

Model workshop ini dapat dilaksanakan kembali sesuai jadwal dari BMPK DIY atau dapat dilaksanakan sesuai kebutuhan dari Puskesmas. Semoga dengan kegiatan workshop yang intensif namun aplikatif ini membantu Puskesmas dalam mempersiapkan Reakreditasi dengan lebih baik dan lebih sistematis.

Kirim pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center