WORKSHOP SNARS-1 “STANDAR NASIONAL AKREDITASI RUMAH SAKIT EDISI-1”

Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) adalah lembaga idependen pelaksana akreditasi rumah sakit yang bersifat fungsional, non struktural yang mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan akreditasi di Indonesia. Akreditasi Rumah Sakit pertama kali dilaksanakan pada tahun 1995, dengan 5 pelayanan, kemudian pada tahun 1998 bertambah, kemudian pada tahun 1998 bertambah menjadi 12 pelayanan dan pada tahun 2001 menjadi 16 pelayanan. Namun sejalan dengan peningkatan tuntutan masyarakat terhadap pelayanan ang berfokus pada pasien, maka mulai tahun 2012 telah dilakukan perubahan paradigma baru akreditasi yang semula berfokus pada pasien, mengacu kepada standar akreditasi dari Joint Commision International (JCI).

Rumah Sakit sebagai institusi kesehatan perlu terus meningkatkan mutu layanan dan keselamatan pasien secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Peningkatan mutu dan keselamatan pasien merupakan proses kegiatan yang tidak pernah berhenti dan harus selalu dilakukan oleh rumah sakit di Indonesia. Dalam rangka meningkatkan mutu layanan, rumah sakit wajib diakreditasi secra berkala minimal 3 (tiga) tahun sekali, sesuai amanah undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit.

Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit edisi 1 (SNARS edisi 1) merupakan standar akreditasi rumah sakit yang mulai dipergunakan pada tahun 2018. SNARS edisi 1 meluputi sasaran keselamatan pasien, standar pelayanan berfokus pasien, standar manajemen rumah sakit, program nasional dan integrasi pendidikan kesehatan dalam pelayanan di rumah sakit.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka BMPK DIY (Badan Mutu Pelayanan Kesehatan DIY) bekerjasama dengan KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) akan menyelenggarakan “Workshop Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit edisi 1 (SNARS edisi 1)” dengan harapan dapat sebagai acuan bagi rumah sakit dan stake holder dalam meningkatkan mutu dan keselamatan pasien sesuai dengan standar akreditasi.

Kirim pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center