Hal yang perlu diperhatikan untuk Re Akreditasi Puskesmas

Hal yang perlu diperhatikan untuk Re Akreditasi Puskesmas 

Sesuai Amanat Permenkes No. 46 Tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, klinik pratama, tempat praktik mandiri dokter, dan tempat praktik mandiri dokter gigi bahwa Puskesmas dan klinik pratama akan diakreditasi setiap 3 tahun sekali. Bagi Puskesmas yang telah penilaian Akreditasi Puskesmas di Tahun 2015 maka di Tahun 2018 akan penilaian akreditasi kembali. Beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi Puskesmas yang akan melakukan penilaian akreditasi ulang atau Re akreditasi diantaranya adalah :

  1. Penilaian akreditasi dilaksanakan paling lambat 1 bulan sebelum masa berlaku sertifikat habis.

Jauh hari sebaiknya segera mempersiapkan untuk penilaian re akreditasi karena penilaian akreditasi ulang paling lambat 1 bulan sebelum masa berlaku sertifikat habis. Persiapan lebih dini akan lebih bagus. Setelah penilaian Akreditasi Puskesmas yang pertama harapannya Puskesmas tidak tertidur, sehingga untuk menghadapi akreditasi ulang atau re akreditasi Puskesmas sudah mempunyai persiapan yang lebih baik lagi daripada persiapan pada saat akreditasi sebelumnya.

  1. Rekomendasi yang diberikan oleh surveyor pada survey sebelumnya sudah ditindaklanjuti seluruhnya.

Memastikan rekomendasi yang diberikan surveyor pada saat penilaian akreditasi yang pertama telah ditindaklanjuti semuanya oleh Puskesmas.

  1. Semua dokumen regulasi yang disusun sudah memenuhi persyaratan tata naskah.

Memastikan dokumen regulasi internal yang ada di Puskesmas seragam seluruh Puskesmas dan sesuai dengan tata naskah. Puskesmas diberi kebebasan apakah sesuai dengan persyaratan tata naskah yang berada di buku pedoman penyusunan dokumen akreditasi ataukah sesuai tata naskah pemerintah daerah setempat.

  1. Semua dokumen regulasi minimal sudah direview satu kali dan jika diperlukan dilakukan revisi sesuai dengan kebutuhan dan perubahan peraturan perundangan (jika ada).

Puskesmas pernah melakukan review dokumen regulasi internal minimal satu kali dalam 3 tahun terakhir dan jika memang diperlukan revisi sesuai kebutuhan ataupun perubahan peraturan perundangan maka dilakukan revisi. Seandainya dokumen regulasi internal tersebut masih relevan dan belum perlu direvisi maka dokumen tersebut tidak perlu di revisi akan tetapi tetap dilakukan kegiatan review.

  1. Telusur akan difokuskan pada implementasi setahun terakhir (tidak menutup kemungkinan meluas telusur tahun-tahun sebelumnya).

Telusur akan difokuskan pada implementasi setahun terakhir atau tahun ketiga. Seandainya Puskesmas penilaian Akreditasi Puskesmas pada tahun 2015, maka untuk re akreditasi difokuskan pada implementasi di tahun 2017. Namun tidak menutup kemungkinan juga untuk melihat telusur di tahun sebelumnya.

  1. Proses pengajuan sama dengan proses pengajuan survei yang pertama.

Tidak ada perbedaan proses pengajuan survey yang pertama dan survey ulang akreditasi Puskesmas.

Comments ( 19 )
  1. SYAFRUDDIN, SKM,M.Kes

    kami yg belum ada pengalaman pendapingin re akrefitasi, materi di atas (6 point) cukup mbantu, moga materi secara komprehensip bisa kami dapatkan : syafruddinsyafar@g.mail.com
    sekretaris dinas kesehatan kab. Gorontalo prov. Gorontalo
    TERIMA KASIH

    • Badan Mutu Post author

      Terima Kasih Pak Syafruddinsyafar selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Propinsi Gorontalo atas komentar nya. Kalau tidak salah, awal Tahun 2018 kemaren Dinkes Gorontalo pernah kunjungan ke Badan Mutu Pelayanan Kesehatan DIY. Sebenarnya beberapa item yang kami share kan tersebut sudah ada dalam slide yang kami berikan sewaktu Dinkes Gorontalo kunjungan ke Yogyakarta Bapak. Bulan Februari 2019 Insha Alloh akan ada workshop mengenai reakreditasi puskesmas. Badan Mutu bisa juga pendampingan untuk pendamping akreditasi puskesmas Bapak.

    • Badan Mutu Post author

      Oya Pak Syafrudin , untuk update kegiatan dan pelatihan yang diselenggarakan BMPK silahkan add friend FB kami di Yogyakarta Akreditasi Fktp dan like Fans Page Badan Mutu Pelayanan Kesehatan DIY

  2. majidi

    Saya Pendamping Akreditasi Puskesmas di Kalteng agar dapat Mohon diberikan contoh cara mereview dokumen

    • Badan Mutu Post author

      Terima Kasih Pak Majidi atas masukannya. Mereview dokumen disini sebeanrnya bisa dilakukan dengan melakukan pertemuan kemudian membahas dokumen internal yang ada di Puskesmas apakah sekiranya masih relevan baik terkait perundangan maupun tata laksana nya / mekanisme nya pak. Seandainya sudah tidak relevan bisa direvisi. Akan tetapi seandainya masih relevan tidak perlu direvisi, yang terpenting proses tahapan mereview itu dilaksanakan. Oya Pak, jika ingin mendapatkan informasi terbaru seputar pelatihan yang diseenggarakan oleh BMPK DIY bisa like Fans Page Badan Mutu Pelayanan Kesehatan DIY dan add friend Yogyakarta Akreditasi Fktp. Terima Kasih

  3. Agung Budiyono,S.KM

    mohon penjelasan untuk review dokumen terkait ada pergantian pimpinan puskesmas. dokumen apa yang harus dirubah oleh pimpinan puskesmas yang baru..? apakan dokumen pembagian tupoksi juga dirubah sesuai dengan kebijakan pimpinan yang baru..? terima kasih

    • Badan Mutu Post author

      yang dilakukan dalam review dokumen adalah mengkaji dokumen internal puskesmas tersebut yaitu meliputi semua sk, kak,sop yang ada di puskesmas tersebut. perubahan dokumen jika ada perubahan regulasi eksternal, perubahan langkah-langkah. selama langkah-langkah sama dan referensi dokumen eksternal sama sementara pimpinan puskesmas berubah tidak perlu mengganti dokumen internal kalo memang masih bisa digunakan.

  4. EDI HENDRARDI

    Maaf, minta informasi
    Berapa bulang batas toleransi re-akreditasi setelah batas wkt terlampaui (mungkin terkendala penjadwalan surveior/ kesalahan pemetaan jadwal re-akreditasi/ lainnya)?
    Bukan yg 1 bulan sblm batas kadaluwarsa sertfikat akreditasi
    Terima kasih

    • Badan Mutu Post author

      mungkin bisa dikonsultasikan ke dinkes kota dan propinsi nya langsun pak, dikarenakan berkaitan dengan perencanaan di dinkes nya .Kami pernah mendapatkan cerita dari salah satu kota yang puskesmanya telat reakre. kemudian dinkes kota nya koordinasi dengan dinke propinsi , sebagai upaya tetap menjaga mutu puskesmas untuk reakre meskipun terkendala biaya, maka dinkes kota dan dinkes prop nya tetap mengirimkan pra syarat nya ke pusat meskipun tidak dinilai pada waktu dekat.

  5. Aslkm wr.wb saya isti dr pkm tangsel yg akan melaksanajan proses re akre pd bulan april 2019, melihat penjelasan no.1 seminimalnya 1 bulan sebelum expired sdh melakukan re akre, yg ingin sy tanyakan untuk hsil akre kami bulan desmber 2016 dan akan mlaksanakan re akre bulan april apakah itu dibenarkan atau premature?
    Pertanyaan selanjutnya untuk ruk dan rpk untuk pokja ukp apakah masuk kedalam kriteria penilaian?
    Termasuk di bab berapakah?
    Mohon maaf dan terima kasih sebelumnya

    • Badan Mutu Post author

      Waalaikumsalam wr.wb bu isti di puskesmas tangsel. hasil akre pertama selesai bulan desember dan kemudian mau maju reakre april sementara ini belum ada ketentuan apakah premature atau tidak. mungkin bisa dikonsutasikan ke dinkes nya bu. untuk ruk dan rpk pokja ukp memang tidak disenggol banyak bu di pokja 3. akan tetapi di pokja 1 admen , ruk dan rpk semua upaya baik admen, ukm dan ukp ditanyakan tepatnya di BAB 1.

  6. pintarti

    Apakah proses reakreditasi ini nantinya akan sama dengan proses akreditasi?

  7. Mariam Amd kep.

    Asalamualaikum..wrwb.saya di tunjuk sebagai ketua tim mutu di puskesmas tempat saya bekerja
    Mohon arahan dan petunjuk bapak pada tahun 2019 ini kami akan reakreditasi.trima kasih.

    • Badan Mutu Post author

      Waalaikumsalam wr.wb mb mariam . Tugas tim mutu meyakinkan berjalannya mutu pelayanan di puskesmas. Workshop yang diadakan BMPK yang perlu diketahui PJ mutu dintaranya adalah workshop PMKP dan workshp audit internal dan rapat tinjauan manajemen.

  8. Desyana Putong

    BMPK DIY dijogya dimn? Saya sering kejogya
    Minta kontak personnya,

    • Badan Mutu Post author

      BMPK DIY beralamat di kompleks kesehatan jl.kyai mojo no 4 pingit yogyakarta .
      Kontak person bisa di 085640291627 . Maya

  9. e k dewi

    bila puskesmas sudah terakreditasi , kemudian pindah lokasi baru. Apa tetap bisa melakukan reakreditasi atau akreditasi awal ?

    • Badan Mutu Post author

      Ikut reakreditasi mbak meskipun lokasi puskesmas pindah di tempat yang baru. Semoga lokasi puskesmas yang baru sesuai PMK 75/2014

Kirim pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center