PENYUSUNAN REVISI FORMULARIUM OBAT UNTUK PUSKESMAS DI KOTA YOGYAKARTA

Pelayanan kefarmasian pada pelayanan kesehatan tingkat dasar era JKN di Kota Yogyakarta mengacu pada Formularium Nasional (Fornas) yang ditetapkan oleh pemerintah. Kebijakan tersebut telah dilaksanakan sejak ditetapkannya sistem JKN pada 1 Januari 2014 dengan mengakomodir kondisi pelayanan kesehatan di Kota Yogyakarta.

Formularium Puskesmas Kota Yogyakarta sebagai turunan dari Formularium Nasional yang memiliki perspektif pelayanan di daerah disusun untuk menjadi acuan teknis pelayanan kefarmasian di Puskesmas dan Puskesmas Pembantu di wilayah Kota Yogyakarta.

Manfaat formularium adalah sebagai berikut : 1) Mendukung pelayanan kesehatan tingkat dasar yang meliputi profilaksis, diagnosis, terapi dan rehabilitasi, 2) Mendorong penggunaan obat yang rasional, efektif dan efisien, 3) Sebagai referensi penyusunan pengobatan dasar di Puskesmas dan perencanaan pengadaan obat

Pada tahun 2012, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta telah menyusun Formularium dan kini tahun 2017 memandang perlu adanya revisi yang disesuaikan dengan kebutuhan medis, perkembangan ilmu pengetahuan, pola penyakit, program kesehatan dan meningkatkan kepraktisan. Revisi juga dilakukan dalam rangka perbaikan dalam penggunaan, penyerahan obat kepada peserta yang disesuaikan dengan kompetensi tenaga kesehatan dan tingkat pelayanan kesehatan dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan JKN.

Kegiatan ini dilakukan atas prakarsa Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dan dilaksanakan oleh Badan Mutu Pelayanan Kesehatan (BMPK). Terdapat beberapa langkah prosedur yang perlu dilaksanakan untuk menyusun formularium ini, serta mempertimbangkan berbagai hal diantaranya Aspek jaminan aksesibilitas, keamanan, mutu, khasiat, keterjangkauan dalam jenis dan jumlah. Regulasi terkait dengan formularium menjadi referensi utama dalam penyusunan buku Revisi Formularium ini.

Kirim pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center