BIMBINGAN TEKNIS EVALUASI MUTU FASYANKES UNTUK PERIZINAN

Jpeg

Perizinan merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota selaku pemangku wilayah kerja. Perizinan khususnya untuk operasional fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) baik Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, Apotek, Dokter/Dokter Gigi Praktik Mandiri serta Bidan Praktik Mandiri menjadi kewenangan daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabpuaten/Kota.

Kemampuan melakukan asessmen Fasyankes apakah layak diberikan izin merupakan gerbang pertama mutu pelayanan oleh Fasyankes selaku provider. Sadar tentang kebutuhan kompetensi ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Kepahiang Propinsi Bengkulu meminta Badan Mutu Pelayanan Kesehatan (BMPK) untuk memberikan Bimtek untuk menunjang kemampuan teknis di lapangan meliputi penguasaan regulasi, cara menyusun instrumen, cara melakukan assesmen dan lesson learning dari best practice salah satu Dinas Kesehatan di wilayah D.I. Yogyakarta.

Bimtek ini diselenggarakan selama 3 hari, dengan rincian 2 hari pembelajaran dalam kelas dan 1 hari pembelajaran lapangan untuk praktik assesmen. Narasumber berasal dari Tim Ahli BMPK yang telah memiliki pengalaman dalam melakukan assesmen di fasyankes.

Kegiatan Bimtek ini dapat diduplikasi untuk Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota lainnya yang membutuhkan kegiatan serupa. BMPK akan memfasilitasi kegiatan yang diperlukan sesuai dengan Kerangka Acuan Kegiatan yang telah ditetapkan.

Kirim pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Badan Mutu Pelayanan Kesehatan. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center